mudik_yuk

    1. Persiapkan diri secara fisik dan psikologis. Sebaiknya tidak berangkat setelah pulang kerja, karena selain badan capek, psikologi juga letih.
    2. Periksa kesehatan terlebih dahulu, terutama jika memiliki riwayat sakit tertentu. Jangan lupa membawa obat-obatan sesuai kebutuhan.
    3. Bila mudik dengan kendaraan sendiri, sebaiknya ada dua orang yang bisa membawa kendaraan.
    4. Siapkan makanan dan minuman terutama untuk anak-anak di bawah lima tahun. Sebaiknya tidak membeli makanan sembarangan di pinggir jalan.
    5. Siapkan peta mudik dan pastikan peta mudik anda terbaharui. Gunakan alat bantu petunjuk arah, misal kompas atau GPS, jika diperlukan.
    6. Siapkan alat komunikasi seperti ponsel dalam kondisi online untuk memudahkan dalam melakukan panggilan jika diperlukan. Jangan lupa membawa charger mobil.
    7. Perbaharui info jalur mudik anda, kini banyak tersedia aplikasi info mudik bagi pengguna ponsel pintar yang amat berguna selama perlajalanan.
    8. Jika memerlukan pertolongan medis, gunakan posko-posko kesehatan yang diberikan oleh pemerintah di sepanjang arus mudik.
    9. Jangan mengemudi dalam keadaan lelah atau mengantuk. Istirahat secara periodik untuk mengatasi lelah dan mengantuk. Ingat keluarga menunggu di rumah.
    10. Jika stamina tubuh terasa berkurang, jangan memaksakan diri dengan meminum obat atau minuman yang dapat menambah tenaga tubuh sesaat.
    11. Periksa kondisi kendaraan dan pastikan kondisinya prima, mulai dari tekanan ban, oli, saringan udara, aki dan kelistrikan. Bawa sikring (fuse) cadangan bila diperlukan.
    12. Setelah tiba ditujuan, pastikan anda beristirahat yang cukup sebelum melakukan silaturahmi berkeliling rumah untuk menemui sanak saudara.

Selamat mudik pergi-pulang dan berkumpul dengan keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here