Menjaga kondisi badan tetap fit, bisa dengan jaga pola makan. Menjaga asupan aneka sayuran, camilan ringan, dan buah-buahan. Berikut berbagai ide-ide menu makanan sehat, lengkap dari pagi hingga malam hari yang bakso33.com rangkum dari berbagai sumber.

Sarapan sehat

Pastikan keluarga Anda mengonsumsi sarapan yang sehat di pagi hari ya, Bu. Seperti yang dilansir oleh situs Letsmove, sarapan adalah cara terbaik untuk memulai hari, karena dapat mencegah makan berlebihan atau nafsu ngemil yang tinggi di siang hari. Pilihlah sarapan yang mengenyangkan dan kaya serat. Misalnya oatmeal dengan tambahan buah dan susu low fat, pancake, atau waffles dengan olesan selai kacang dan madu, atau omelet yang dicampur brokoli, bayam, paprika, dan juga jamur. Mau tambah sehat lagi? Kurangi penambahan gula, garam, dan butter atau minyak dalam menyiapkan sarapan Anda.

Siapkan camilan sehat

Biasanya lapar mulai menyerang sebelum jam makan siang tiba. Ibu bisa kok menyiapkan jajanan sehat untuk keluarga Anda. Jangan menyediakan makanan yang tinggi garam, gula, atau kalori, seperti keripik dan kue-kue. Sebagai alternatif, ikuti tips-tips yang dilansir oleh situs Sheknows ini. Sediakan buah-buahan kering dan kacang-kacangan untuk mengganjal perut, serta potongan buah, jus buah atau popcorn tanpa ekstra butter yang tetap yummy tapi rendah kalori.

Saatnya makan siang

Mumpung sedang libur nih, Ibu bisa mencoba resep-resep dari Missy Chase Lapine, penulis buku The Sneaky Chef Book. Cobalah membuat chicken salad dengan minyak zaitun sebagai dressing. Atau sandwich tuna yang dibumbui low-fat mayo, wortel cincang, dan seledri. Selain sedap, makanan-makanan tersebut juga tetap sehat dan tidak banyak mengandung kalori.

Makan malam bersama keluarga

Libatkan si kecil dalam membantu Ibu menyiapkan menu makan malam, misalnya meminta anak untuk mencuci sayur-sayuran. Missy punya beberapa resep yang bisa dicoba. Tumisan sayuran lezat berbahan potongan daging bebas lemak, bok choy, paprika, brokoli, dan dibumbui dengan jahe, bawang putih, kecap asin, serta minyak wijen. Dampingi dengan nasi merah yang kaya serat dan vitamin B. Anda juga bisa memasak nasi goreng yang didominasi paprika, brokoli, jagung, dan udang. Tidak hanya menggoyang lidah, makanan-makanan tersebut kaya vitamin dan Omega 3, yang bagus untuk kesehatan sekeluarga.

Tidak rumit kan menyiapkan menu makan keluarga sambil menikmati liburan Anda. Kebutuhan nutrisi terpenuhi sehingga badan tetap fit dan siap menjalani aktivitas selanjutnya. Selamat mencoba ya, Bu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here