Meat Delicacies, Ham, Sausage, Salami, Hot dogs, Small sausages

Sebelum kebutuhan daging segar Bakso 33 Makassar sebesar sekarang, kami juga pernah membeli daging eceran. Kami ingin berbagi pengalaman bagaimana memilih daging yang segar dan halal. Tips ini juga kami rangkum dari berbagai sumber. Memilih daging segar dan halal sebelum membeli bukanlah perkara mudah, terutama bagi yang masih awam terhadap ciri-ciri daging yang segar.  Bagian-bagian daging sapi yang banyak jenisnya juga bisa membuat kita bingung dan kurang teliti.

Dagin-sapi2

#1 : Perhatikan Warna Daging
Daging yang segar dan berkualitas tentu berbeda dengan daging yang sudah busuk. Cara paling mudah untuk mengetahui kualitas daging adalah dari warnanya.
Daging sapi yang masih fresh berwarna merah dan segar. Selain itu warna daging juga tidak pucat dan tidak kotor.

#2 : Tekstur Daging
Daging sapi yang segar memiliki tekstur yang terasa kenyal. Tekanlah sedikit daging tersebut, jika kembali ke posisi semula berarti daging tersebut masih baru dan segar.
Hal ini berbeda dari daging yang busuk dimana daging tersebut akan terasa lembek ketika ditekan.

#3 : Bau / Aroma
Daging yang segar memiliki aroma yang segar pula atau dengan kata lain memiliki bau khas “sapi”. Sementara itu daging yang busuk akan menimbulkan bau busuk atau asam.

#4 : Tidak Berair
Jika Anda membeli daging mungkin Anda sering melihat cairan berwarna merah mirip darah. Cairan itu bukanlah darah melainkan “sari” dari daging tersebut. Cobalah untuk membeli daging yang tidak berair, karena jika berarir maka daging tersebut sudah berada cukup lama berada di udara bebas.

#5 : Cek Sertifikat Halal
Supplier atau penjual daging yang halal dan profesional tentu mempunyai izin halal dari pihak MUI. Pastikan Anda membeli daging dari penjual / supplier daging yang mempunyai izin halal. Tanyakan apakah dagingnya bersumber dari rumah potong hewan resmi milik pemerintah dan swasta yang telah disertifikasi oleh BPOM dan MUI.

beef_shortloin800

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here