Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan masalah gizi. Setiap tanggal 25 Januari seharusnya menjadi momentum yang tepat untuk meningkatkan semangat menyelesaikan masalah gizi. Hari Gizi Nasional diperingati hari ini (25/1) dengan tema besar “Peningkatan Konsumsi Sayur dan Buah Nusantara Menuju Masyarakat Hidup Sehat”.

Kementerian Kesehatan melalui Pusat Komunikasi Publik Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan menegaskan guna menanggulangi permasalahan gizi di Indonesia, diperlukan dukungan seluruh lapisan masyarakat dan lintas sektor. Hal ini dilatarbelakangi permasalahan gizi tidak hanya berhubungan dengan kesehatan saja, lebih luas lagi masalah gizi dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti ekonomi, sosial, budaya, pola pengasuhan, pendidikan juga lingkungan.

Masalah gizi memiliki dampak yang luas, tidak saja terhadap kesakitan, kecacatan, dan kematian, tetapi juga terhadap pembentukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dengan produktifitas optimal. Masalah gizi buruk, gizi lebih, stunting dan lainnya masih membutuhkan semangat yang lebih fokus.

“Isu ini diambil menurut saya kemungkinan karena saat ini konsumsi buah dan sayur di Indonesia tergolong rendah, baik pada anak, remaja dan dewasa,” kata Ahli Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Diah M. Utari.

Sementara itu, kata Diah, penyakit tidak menular atau degeneratif diseases (penyakit degeneratif) seperti hipertensi, stroke, jantung semakin meningkat. Pola hidup tidak sehat juga harus menjadi perhatian masyarakat.

Salah satu solusinya, dosen di Departemen Gizi Kesehatan Masyarakat FKM ini menjelaskan konsumsi sayur dan buah sangat baik untuk mencegah penyakit degeneratif. Sayur dan buah merupakan sumber pangan terbaik untuk membuat tubuh tetap sehat.

“Sayur dan buah adalah bahan pangan tinggi serat dan sumber vitamin mineral sehingga konsumsi nya sangat baik untuk mencegah penyakit degeneratif serta agar tubuh selalu dalam keadaan segar, sehat dan produktif,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here