Roti Manis dan Pizza KSB

Membuat roti manis dan pizza killer soft bread

Masih ingat dengan resep killer soft bread atau yang biasa disingkat dengan KSB kan? Resep yang dipopulerkan oleh Victoria Bakes dan sempat viral itu sebenarnya sudah lama sekali beredar, tetapi sampai sekarang saya masih tetap suka menggunakannya.

Rasanya cocok saja karena cara membuatnya cepat, hanya membutuhkan 1 kali proofing langsung bisa dipanggang. Dan … hasilnya sudah cukup empuk dan enak. Seratnya begitu halus dan panjang, sehingga banyak yang menyukainya.

Bahan yang digunakan sebenarnya sederhana saja dan standar, tapi karena resepnya sudah teruji, maka hasilnya juga tak mengecewakan.

Dengan resep KSB, biasanya orang cenderung membuat roti sobek. Tapi dengan resep KSB sebenarnya kita bisa membuat aneka jenis roti, misalnya roti manis, roti pizza, hingga donat.

Saya sendiri belum pernah membuat donat dengan KSB, namun saya sudah mencoba membuat roti manis dan pizza dengan resep KSB. Alhamdulilah dua-duanya jadi dengan hasil yang memuaskan. Padahal waktu menguleninya juga tidak sampai lama.

Dalam resep ini, butter maupun margarin dua-duanya bisa digunakan. Namun untuk hasil yang lebih lembut dan wangi, sebaiknya gunakan butter.

Untuk membuatnya, akan lebih cepat bila teman-teman menggunakan mikser. Namun jika tak ada, bisa juga diuleni dengan tangan. Saya sendiri menguleni dengan tangan dan hasilnya tetap memuaskan.

Untuk isiannya bebas saja ya temans. Untuk roti manis, sebagian saya isi dengan keju parut dan sebagian dengan coklat meises.

Roti Pizza Killer Soft Bread

Roti Pizza KSB

Sedangkan roti pizza, saya beri olesan saus bolognese lali diberi topping daging cincang dan bawang bombai. Kemudian bagian atasnya diberi keju mozarella.

Baiklah, bila teman-teman ingin mencoba juga, saya simpan resepnya di sini:

Resep Roti Manis dan Pizza KSB

Bahan:

  • 260 gr tepung terigu protein tinggi
  • 30 gr gula pasir
  • 3 gr ragi instan
  • 1 butir telur yang ditambah dengan susu cair hingga beratnya jadi 160-180 gr
  • 30 gr butter atau margarin
  • Sejumput garam

Olesan:

  • susu cair untuk olesan roti manis sebelum dipanggang
  • mentega dan madu untuk olesan roti manis sesaat setelah matang

Isian:

  • khusus roti manis bisa diisi dengan parutan keju, cokelat meisees, selai kacang atau selai buah-buahan seperti selai nanas atau selai stroberi.

topping pizza:

  • Untuk topping pizza bisa dibuat sendiri sesuai bahan yang ada, misalnya irisan sosis, bawang bombai, daging cincang, dll

Cara membuatnya:

  1. Campur susu, telur, terigu, ragi dan gula pasir dalam satu wadah. Uleni atau mikser hingga setengah kalis. Tambahkan butter dan garam lalu uleni kembali hingga kalis elastis.
  2. Bagi adonan sesuai ukuran yang diinginkan (saya @ 50 gram). Selanjutnya, untuk roti manis segera bulatkan lalu beri isi sesuai dengan selera. Bulatkan kembali dan biarkan mengembang.
  3. Untuk roti pizza, setelah dibulatkan adonan dipipihkan lalu diberi saus bolognese, topping pizza dan keju mozarella.
  4. Khusus roti manis, olesi susu cair sebelum dipanggang. Selanjutnya panggang dengan suhu 170-180 derajat celsius (sesuai dengan oven masing-masing) selama 15-20 menit atau hingga matang. Setelah matang, keluarkan dari loyang dan taruh di rak kawat.
  5. Kemudian, khusus untuk roti manis, diberi olesan mentega yang wangi dicampur dengan sedikit madu. Biarkan agak dingin.
  6. Sajikan hangat sebagai teman minum teh atau kopi, bisa juga untuk sarapan di pagi hari.

Sumber artikel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here