Resep tahu bakso sapi

Membuat tahu bakso sapi

Tahu selalu enak direkayasa menjadi aneka camilan yang sedap. Diisi sayuran seperti tauge dan wortel lalu digoreng saja enak. Ditambah cabe rawit di dalam isiannya, lalu dibikin pedas muach … muach …  rasanya malah tambah enak.

Apalagi kalau si tahu diisi dengan bakso, tentu makin sip. Tahu yang diisi dengan bakso, yang sering kita temui yaitu tahunya tukang siomay, dimana tahunya diisi dengan bakso ikan.

Tahu bakso ikan itu bersama kelengkapan lainnya, yaitu siomay, kol, kentang, dan pare, lazimnya disajikan dengan bumbu kacang, saus tomat, dan sedikit kecap manis. Tentunya juga saus sambal yang cukup pedas. Rasanya enak sekali.

Jika si tahu bakso dan teman-temannya itu digoreng lebih dulu, baru disiram bumbu kacang, namanya menjadi batagor. Rasanya tentu menjadi makin gurih dan enak.

Saya jadi ingat si bontot. Anak bungsu saya itu, kalau ditawari siomay jarang mau, tapi kalau batagor sudah pasti mau. Padahal produk yang sama, bedanya cuma digoreng saja, xixixi…

Ada juga tahu yang diisi bakso ayam atau bakso sapi yang disajikan dengan cabai rawit. Tahu bakso model ini bisa kita temukan dengan mudah di daerah Ungaran, Kab. Semarang. Di beberapa kota, kita juga bisa menemukan tahu bakso ungaran ini membuka cabang.

Jenis tahu yang digunakan untuk membuat tahu bakso biasanya tahu goreng. Setelah menjadi tahu bakso, rasanya menjadi lebih gurih dan sedap. Enak dimakan hangat bersama cabai rawit hijau.

Nah, kali ini saya ingin share resep tahu bakso sapi favorit saya. Cara membuatnya mudah. Bumbunya juga simpel saja. Bagi yang menghindari daging sapi, bisa diganti dengan daging ayam.

Ini dia resep selengkapnya:

Resep Tahu bakso sapi:

Bahan:

  • 400 gram daging sapi cincang
  • 50 gram es batu
  • 2 putih telur ukuran besar, kocok lepas
  • 100 gram tepung tapioka
  • 6 siung bawang putih, memarkan lalu digoreng
  • 2 sdt garam atau secukupnya
  • 1 sdt gula pasir atau secukupnya
  • 1sdt merica bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt kaldu sapi bubuk atau kaldu jamur
  • 40 buah tahu goreng atau tahu putih
  • 3 batang daun bawang dan seledri, iris tipis

Cara membuatnya:

  1. Cuci bersih tahu goreng, peras airnya lalu beri lubang di bagian samping. Kerok sedikit isinya. Lakukan pada semua tahu hingga selesai, sisihkan.
  2. Masukkan daging sapi cincang ke dalam chopper atau food processor bersama bawang putih goreng dan es batu lalu proses hingga menjadi lembut.
  3. Tambahkan putih telur, garam, gula pasir dan merica, lalu proses kembali hingga menjadi adonan yang lembut dan rata.
  4. Tuang adonan daging ke dalam wadah, beri baking powder dan tepung tapioka lalu aduk hingga rata. Tambahkan irisan daun bawang seledri dan kaldu bubuk, lalu aduk kembali hingga rata.
  5. Siapkan panci yang cukup besar ukurannya, isi dengan air bersih sebanyak setengah panci, rebus hingga mendidih. Lalu masukkan sedikit adonan dan tunggu hingga matang untuk dicicipi dan dikoreksi rasanya hingga pas.
  6. Selanjutnya, masukkan adonan daging ke dalam lubang tahu, ratakan lalu masukkan ke dalam panci berisi air mendidih, biarkan matang dan mengapung di panci.
  7. Kerjakan hingga semua tahu selesai diisi daging dan direbus hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
  8. Setelah tiris, goreng tahu bakso hingga matang kecokelatan, dan sajikan dengan cabai rawit hijau.

Begitulah cara membuat resep tahu bakso sapi, mudah bukan? Semoga bermanfaat. IN

Sumber artikel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here