icon-marhaban-ramadan-bakso33-makassarMetabolisme tubuh ikut berubah dengan berubahnya jadwal makan dan minum di bulan ramadan. Tubuh akan melakukan penyesuaian di hari pertama hingga sepekan awal bulan puasa. Takaran karbohidrat, protein dan vitamin ikut berubah jumlah dan jadwal masuk melalui makanan ke dalam tubuh.

Kebutuhan akan karbohidrat, protein dan vitamin pada saat tidak berpuasa yang masih bisa didapatkan dengan ngemil di luar jadwal makan, pada bulan puasa tidak dapat kita lakukan, sampai waktu berbuka tiba.

Lima unsur gizi lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang menjamin kondisi tubuh tetap prima beraktifitas walau berpuasa dipenuhi dengan mengkonsumsi makanan bergizi baik pada saat sahur atau berbuka puasa.

Unsur vitamin A, B, dan C bisa didapatkan dari sayuran hijau, kuning atau merah yang berserat. Makanan berserat membuat perut kita senantiasa merasa kenyang, karena dibutuhkan proses mencerna yang lebih lama dari pada makanan tanpa serat.

Karbohidrat bisa didapatkan dari nasi, roti, sedangkan protein, lemak dan mineral banyak terkandung dalam mentega, telur, ikan dan daging atau bakso. Penderita sakit lambung atau maag, hindari saat berbuka dan makan sahur memakan ketan, mi, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman bersoda, cuka, cabai, asam. Makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang meningkatkan produksi asam lambung.

Dehidrasi tubuh bisa dicegah dengan banyak minum air putih pada malam hari setelah berbuka dan sebelum sahur. Kebutuhan tubuh manusia dewasa 8 gelas air perhari, baik sedang berpuasa atau tidak.

Pada saat berbuka, mulai dengan makanan atau minuman hangat dan manis seperti kolak, sirup, ataupun minuman manis lainnya. Jangan mengonsumsi minuman bersoda. Jangan langsung minum air dingin atau es, sebaliknya biasakanlah berbuka dengan minuman yang hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung, bila langsung berbuka puasa dengan air dingin, karena asam lambung dalam tubuh kita akan terbentuk makin banyak.

Istirahat dari mengunyah kurang lebih satu jam sebelum menyantap hidangan berbuka, atau santap setelah shalat magrib. Tujuannya untuk memberikan keseimbangan terlebih dahulu pada pencernaan kita. Jangan makan dan minum berlebihan.

Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru agar kerja pencernaan lebih ringan dan kunyah makanan dengan baik. Sahur juga tidak perlu berlebihan menggabung tiga porsi makan di satu waktu.

Bakso 33 Makassar mengucapkan selamat menyambut bulan suci ramadan. Semoga diberi kesehatan dan keikhlasan berpuasa sebulan penuh, aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here