1. Puasa sudah ada sejak lama. 

Secara tradisional digunakan dalam praktik keagamaan sebagai modus penyesalan serta kesempatan emas untuk refleksi dan introspeksi. Puasa juga digunakan oleh pengunjuk rasa politik untuk mendapatkan eksposur media dan menarik perhatian pada tujuan pesan mereka.

2. Tidak ada bukti ilmiah puasa akan detoksifikasi atau membersihkan tubuh Anda.

Namun, akan membahayakan usus bila tanpa asupan makanan berserat untuk membantu menjaga motilitas normal dan keteraturan. Dan tentu saja, sistem pencernaan Anda berkembang pada nutrisi sehat yang terus mengalir melalui lapisan usus. Namun akankah berpuasa “menghilangkan detoks” di tubuh Anda? Jawabannya tidak. Anda tidak perlu kelaparan diri sendiri untuk menjaga kesehatan.

Penganan berbuka puasa dan sahur yang disunnahkan dengan kurma dan segelas air putih yang akan membantu tubuh melakukan detoksifikasi.

3. Dapatkah puasa membantu Anda memperpanjang umur Anda?

Belum ada data tentang ini, mestinya berhubungan karena daur hidup manusia yang digerakkan oleh keinginan perut dan bawah perut. Dua keinginan yang merusak dan bisa memperpendek usia bila tidak terkendali.

4. Menurunkan berat badan dengan berpuasa.

Bila komposisi normal isi lambung 30% makanan 30% cairan dan 40% udara dan gas lainnya. Saat berpuasa komposisinya bisa lebih rendah lagi dan akan berefek langsung pada penurunan berat badan. Selama asupan makan sahur dan berbuka puasa bukan hasil penggabungan sarapan, ngemil dan makan siang yang ditiadakan.

5. Dapatkah menurunkan berat badan dengan puasa?

Dapat, tergantungaktifitas fisik, durasi berpuasa dan komposisi asupan setelah dan sebelum berbuka puasa.

6. Mekanisme dan Metabolisme Tubuh Beradaptasi.

Otak mengetahui bahwa tubuh selama sekian jam tidak menerima asupan makanan dan minuman. Dengan porsi normal, makanan yang dimakan setelah sahur masih bisa diolah oleh tubuh menjadi energi hingga waktu makan siang tiba. Setelah itu bila berpuasa, tubuh akan mengambil cadangan energi dari tabungan lemak dan gula.

Bila porsi saat sahur dan berbuka merupakan gabungan dari beberapa jadwal makan, maka otak tidak akan memerintahkan tubuh melakukan mekanisme tersebut.

7. Bisakah tubuh bertahan bila berpuasa selamanya?

Meskipun bisa, tidak dianjurkan. Puasa bukan bertujuan untuk menyiksa diri, namun untuk melatih diri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here